Responsive Ad Slot

Latest

Sports

Gossip

Covered

Kriminalisasi Indar Atmanto, Masih Perlu DIAM kah?

Senin, 16 Januari 2017

Ada quote menarik dari mas Anies saat debat pertama cagub DKI. "Banyak bicara, banyak bekerja!".

Ya, memang slogan itu pernah saya baca di buku Di Bawah Bendera Revolusi karya Bung Karno. Buku yang merupakan kompilasi dari essay beliau di berbagai macam media saat itu. Salah satunya, Pikiran Rakyat.

Cara-cara bung Karno ini memang terbukti efektifitasnya. Ia berbicara bukan sekedar mulut saja, namun dalam pena yang ternyata tajamnya mampu merobek otak dan hati para penjajah sekaligus membakar perjuangan rakyat Indonesia saat itu.

Saking efektifnya cara ini, saya pun sempat terheran heran ketika dalam kasus kriminalisasi dunia telekomunikasi yang menimpa pak INDAR ATMANTO--ada yang meminta saya diam, membisu. Konon katanya adalah bagian dari silent operation. What?

Kasus sebesar itu, masalah level tinggi dalam dunia telekomunikasi--dimana diperlukan penyadaran kepada masyarakat tentang apakah yang sebenarnya terjadi, kok malah seakan-akan ditutupi.



Saya fikir, dengan kediam bisunya ini, akan ada sejenis gerakan clandestein yang luar biasa sehingga masalah tidak berlarut-larut dan kebenaran mendapatkan tempat semestinya. Yaitu kebebasan dan kemenangan para expert telekomunikasi. Namun apa hasilnya? NOL BESAR!

Dari sidang Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi hingga MA semuanya kalah. Bahkan saat mengajukan Peninjauan Kembali (PK) yang pertama pun tertolak.

Kadang saya merasa, jangan-jangan ada kesegajaan agar kasus ini tidak membesar di masyarakat. Tidak diketahui rakyat Indonesia jika salah satu pahlawan telekomunikasi Indonesia ini--yang dua tahun lagi pensiun, menghabiskan masa pensiunnya di penjara saja. Jadi tumbal kebijakan perusahaan?

Dan kini, tinggal satu kesempatan. Pengajuan PK (peninjauan kembali) ke 2 dari keputusan MA. Apakah saya perlu nurut tetap diam membisu dalam silent operation atau sudah saatnya saya berteriak keras, kawan-kawan?

Ada masukan?


[ Hazmi Srondol 
Posting Komentar
Don't Miss