Rindu Kata Guru: "5 Menit Lagi Dikumpulkan...!"

Oleh:   hazmi SRONDOL hazmi SRONDOL   |   03.44
Ada satu kalimat yang selama kita sekolah atau kuliah dari para guru & dosen begitu lekat teringat.

"5 menit lagi dikumpulkan"

Kurang lebih begitu dengan berbagai macam variasi kalimatnya. Intinya, ada sejenis warning bahwa waktu ujian sudah hampir selesai.

Dulu, saya benci kalimat ini. karena ketika ini diucapkan--mendadak peluh menetes, badan gemetar dan memori di otak mendadak hang sebelum waktunya. Apalagi saat persiapan test tidak begitu maksimal. Ala kadaranya.

Saya merasa, ini seperti intimidasi kejiwaan yang dilakukan oleh para guru/dosen.

Namun, pada suatu hari--tepatnya kemarin saya mengikuti sejenis ujian Haji dari kantor. Bagi yang lulus, para karyawan bisa mendapatkan fasilitas bantuan berangkat Haji dari tempatku berkerja.

Nah, sudah beberapa tahun terakhir ini, sistem ujian sudah tidak lagi dilakukan secara langsung. Dikumpulkan di satu ruangan dan dibagi kertasnya seperti zaman masih sekolah. Sekarang, ujian memakai sistem online.

Saya fikir, betapa enaknya ujia sistem online. Bisa sekalian buka google kalau terpaksa.

Sayangnya, "enak' nya itu hanyalah sekedar angan-angan. Perasaan, baru baca mengerjakan beberapa soal. Belum seluruhnya. e, mendadak muncul pesan:

"WAKTU SUDAH HABIS"

What?

Kok cepat banget? Kok tidak ada peringatan,.... e....

Mendadak saya rindu guru dan dosen dulu. saya rindu kata "5 menit lagi jawaban dikumpulkan" sambil memencet-mencet jawaban di komputer yang sudah freeze. Beku. Kecuali tombol 'log-out'...

:-(

[Hazmi Srondol]

Posting Komentar