Advan Intel Vandroid X7, Dari Semarang untuk Kebanggaan Indonesia

Oleh:   hazmi SRONDOL hazmi SRONDOL   |   21.51
Semarang, itulah ternyata lokasi pabrik elektronik ADVAN berada. Sungguh hal ini sesuatu yang sangat mengejutkan saat hadir di peluncuran salah satu produknya yang diberi nama Advan Intel ANDROID X7 di Fairmont Ballroom, Jakarta (3/8/2015).

Ya, saya tidak menyangka. Setelah lebih dari dua dekade hampir tidak ada lagi produk Semarang yang menonjol--kini warga Semarang kembali mempunyai kebanggan atas produk daerahnya.

Terakhir, saya hanya teringat salah satu merk elektronik lokal Semarang saat sedang jaya-jayanya karaoke box yang masih memakai pita kaset. Kalau tidak salah, merk yang populer saat itu adalah TENS. Sebuah merk yang juga terkenal sebagai salah satu merek bola tenis.

Ya, walau kota Semarang juga padat dikelilingi oleh pabrik-pabrik dari berbagai macam industri seperti Jamu Jago, traktor Kubota, pabrik besi Raja Besi & Fumira atau yang lain sebagainya, itu masih merupakan produk dengan nama besar lama.

Ada pun merk-merk baru seperti Niko untuk TV atau kulkas, namanya belum semoncer Advan. Sepertinya butuh waktu sedikit lagi untuk berjajar dengan produk-produk merk Jepang dan Tongkok yang sudah menguasai pasar di Indonesia.



Kembali ke ADVAN, dari statement  Managing Director ADVAN, Tjandra Lianto yang mengatakan bahwa "Kita itu perusahan gadged lokal dengan citarasa internasional. Kenapa internasional? karena kita ingin memberikan teknologi kepada seluruh rakyat indonesia namun dengan nuansa lokal. Kalau kita bisa sebagai pemain lokal tidak bisa juara, siapa lagi?", dapat kiranya kita menenukan penyebab bagaimana produk Semarang ini mampu melejit.

Visi para petinggi mereka itulah yang sepertinya membuat arah perusahaan ini fokus pada satu titik dan akhirnya mencapai pencapaian yang dinginkan. Walau memang, kandungan lokalnya belum 100% produksi Indonesia tetapi setidaknya, target 40% kandungan lokal sesuai anjuran pemerintah sedang dalam percepatan prosesnya.

Untuk sementara, memang sulit memungkiri perlunya kerjasama dengan vendor lain dalam pembuatan produk-produknya. Ada beberapa pokok komponen yang memang belum maksimal untuk percepatan produksi seperti contohnya prosesor.

Pada seri Vandroid X7 misalnya, untuk kesekian kalinya Advan berkerjasama dengan INTEL. Kali ini, tipe prosesor CPU Intel quad core Intel Atom X3-C3230RK dengan clock speed hingga 1,4 GHz tertancap di motherboard produknya.

Memang bukan yang pertama kali kerjasama ini terjadi. Semenjak Advan masih memproduksi PC atau notebook, Intel adalah partner yang selalu setia memback-up jantung produk-produknya.

Tidak menjadi suatu kesulitan yang berarti migrasi kerjasama pembuatan ponsel ini. Menurut Harry K Nugroho, Country Manager INTEL Indonesia mengatakan :"sebenarnya smartphone dan tablet tidak terlalu berbeda dengan komputer. Karena sama-sama melakukan komputasi. Dan sebagai pelopor sistem koputasi, maka Intel juga masuk ke smartphone dan tablet".



Gabungan antara Advand dan Intel ini memang akhirnya bukan saja memberikan sebuah produk yang hebat dalam hal kemampuan dan spesifikasi teknisnya, namun juga--yang paling utama adalah harganya.

Untuk Advan Intel Vandroid X7 ini, harga yang akan dilepas di pasar adalah Rp. 1.099.000,00. Sangat murah walau sempat diteriaki "Yaaaaaahhhhh!!!" oleh rekan-rekan Blogger Reporter Indonesia saat hadir di peluncurannya. :D

Bukan maksud mengejek, tetapi sedikit kecewa jika ternyata produk istimewa tersebut baru beredar dipasar pada pertengahan Agustus 2015. Launcing ini hanya seremonial. Padahal rekan-rekan blogger sudah mempersiapkan dana untuk membeli produk ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung, rekan blogger Uli Hape sudah mempersiapkan dana untuk membeli 2 produk Vandrois X7 ini langsung di lokasi.

Dengan tersenyum, untuk mengurangi kekecewaan rekan-rekan blogger yang tidak bisa membeli produk Advand on the spot acara peluncuran--pihak Advan berjanji untuk memberikan keutamaan inden kepada rekan blogger yang hadir diacara ini.

Saya yang juga hadir diacara ini juga akhirnya ikut tersenyum. Bahkan makin lebar senyumnya ketika mendadak menjadi pemenang doorprice acara ini dan berhak mendapatkan hadian satu buah smartphone Advan S4+ yang dibungkus sampingnya tertulis :

"Diproduksi: PT Arga Mas Lestari - Semarang"

Ya, saya bangga dan tidak menyesal ditunjuk sebagai perwakilan blogger menandatangani dukungan blogger terhadap produk-produk nasional. Apalagi produksi dari kampung halaman sendiri, Semarang.

Semoga, produk Semarang ini benar-benar bisa menjadi kebanggan Indonesia sekaligus harga diri bangsa dimata industri smartphone dunia.

[Hazmi Srondol]

Video reportase acara:

 

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=lfuDXhDkEgg[/embed]

 

Posting Komentar