Responsive Ad Slot

Latest

Sports

Gossip

Covered

Dibalik Layar Perjuangan Komisi VII - DPR RI Menurunkan Ongkos Haji 2015

Kamis, 23 April 2015


Ada catatan menarik dibalik perjuangan Komisi VIII DPR-RI untuk menurunkan ongkos haji 2015 yang sangat besar selisihnya dari tahun sebelumnya. Mencapai lebih dari 20% penurunannya.

Catatan dibalik layar ini ternyata saya dapatkan dari salah satu rekan blogger di Kompasiana bernama “Harja Saputra” yang bertugas sebagai staf ahli di Komisi VII DPR RI

Link: https://www2.facebook.com/harja.saputra

Dari status beliau di akun facebook pribadinya, tergambar betapa berat perjuangan para anggota dewan yang selama ini jarang terpublikasikan dan tenggelam dalam hiruk pikuk kasus-kasus politik yang lebih populer lainnya. Misalnya perebutan kursi dari Partai Golkar atau berantemnya antar anggota dewan.

Untuk itu, dalam kesempatan membuat status pagi ini—saya sedikit mencopy paste beberapa status om Harja untuk memberi gambaran kepada rekan-rekan semua bahwa masih buanyaaaak anggota dewan yang berjibaku dan jungkir balik membawa aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Kita masih punya harapan untuk menyandarkan kegelisahan di era yang serba tedjo nggak jelas ini.

Salam,
Hazmi Srondol

=======

Harja Saputra
3 April pukul 8:45 ·

Rapat konsinyering ttg ongkos haji atau BPIH tadi malam di Kopo Bogor hampir rusuh. Tumpukan bahan rapat dibanting dan meja digebrak2. Apa pasal?
Sudah disepakati pd rapat sblmnya DPR minta BPIH turun 20% dari tahun lalu dan lakukan efisiensi indirect cost.

Efisiensi indirect cost tujuannya krn selama ini setiap org yg pergi haji reguler sbnrnya menggunakan juga uang dari simpanan haji org lain yg belum brgkt. Itu terjadi sejak dari dulu. Ini tdk sesuai dgn syariat bahwa pergi haji harus dr uang sendiri (prinsip mampu).

Pemerintah melalui Kemenag sdh tandatangani kesepakatan itu. Eeeeeh td malam bukannya nurunin BPIH malah ujug2 ditampilkan skema kenaikan lagi. Awalnya minggu lalu diusulkan 39juta (naik 6juta dr taun lalu). Tadi malam malah naik lagi jadi 41juta. Ya marahlah para anggota dewan...hajaar!!!

***

Harja Saputra
5 April pukul 14:56 ·

Ini keterangan resmi dari Ketua Komisi VIII mengenai hasil rapat konsinyering ttg BPIH (biaya haji). Di balik keterangan itu ada dinamika yang alot. Saya sendiri blm bisa menuliskannya karena rapat tersebut sifatnya tertutup..

Usulan BPIH Rp38 juta lebih masih ditolak Komisi VIII → http://www.lensaindonesia.com/2015/04/05/usulan-bpih-rp38-juta-lebih-masih-ditolak-komisi-viii.html

***

Harja Saputra
7 April pukul 19:46 ·

Malam ini begitu paradoks. Di gedung DPR, ruangan sebelah lg rame rapat mslh Golkar, di sblhnya lg sdng puyeng menyisir biaya2 penyelenggaraan ibadah haji.

Tiba2 nemu anggaran Penambah Daya Tahan Tubuh petugas..apa ini? Masa harus ditanggung oleh jemaah haji...80ribu riyal brarti 200jutaan broo..gile lu ndroo..

***

Harja Saputra
Kemarin jam 2:53 ·

Alhamdulillah, rapat sampe jam 3 pagi akhirnya memutuskan ongkos haji (BPIH) utk tahun ini tuntas dgn total biaya haji utk tahun ini USD 2717 ato Rp.33.962.500. Turun dr tahun lalu USD 502 (tahun lalu USD 3219).

========
Posting Komentar
Don't Miss