Responsive Ad Slot

Latest

Sports

Gossip

Covered

Hari Belanja Online Nasional 2014

Senin, 15 Desember 2014

Beberapa hari yang lalu, saya sempat kaget dengan banyaknya banner-banner digital perihal perayaan Hari Belanja Online Nasional . Saya juga masih bingung, sejak kapan "hari" tersebut dicanangkan dan oleh siapa?

Jepretan Layar 2015-06-20 pada 01.16.21

Setelah mengusut diberbagai situs, ternyata "hari" ini dibuat oleh 20 toko online besar di Indonesia sejak tahun 2013 kemarin. Menyesuaikan tanggal kelahirannya--12 Desember, maka diadakan diskon/sale besar-besaran oleh beberapa situs online dengan hastaq ‪#‎1212Sale

Walau pun tidak diresmikan oleh pemerintah, memang harus diakui--potensi pasar online ini sangat luar biasa besarnya, baik omset maupun kesempatan ber-wirausaha mandiri oleh ibu-ibu rumah tangga.

Satu sisi yang menunjukan bahwa orang Indonesia sangat kreatif memanfaatkan teknologi. Walau kita sama-sama tahu, rata-rata kecepatan internet Indonesia sangat rendah.

Bahkan jauh sebelum hari belanja online ini dicanangkan, sejak lama aplikasi chat BBM ibu-ibu telah berubah menjadi lapak dagangan. Hal yang saya yakin, pihak RIM Blackberry pun tidak pernah membayangkannya. Mereka hanya tahu bahwa "Indonesia is Blackberry Country".

Sebuah peningkatan dari gelar sebelumnya sebagai "Republic of Communicator" ketika sedang jaya-jayanya produk ponsel pintar dari produsen Nokia. Bahkan kini, pages facebook hingga instagram-pun tak luput dari tempat penjelajahan bisnis online ibu-ibu.

Hal yang memang menjadi ruang positif bagi perkembangan dunia entreprenuership nasional walau pun tetap meninggalkan pertanyaan kecil perihal sistem perpajakannya. Seperti yang kita tahu, dunia e-commarce memungkinkan sebuah akun/situs yang 'parkir" di luar negeri bisa mendapatkan omset dari jual beli dari negeri ini, sedangkan pembahasan perihal pajak e-commarce nya masih juga belum selesai.

Namun, apa pun itu--walau terlambat, saya tetap ingin mengucapkan selamat berbelanja bagi pembeli serta selamat meraih keuntungan buat pelaku pasar online dan jangan lupa memberitahu suaminya kalau beli ini itu yaa...

Happy Shopping!
Posting Komentar
Don't Miss