Responsive Ad Slot

Latest

Sports

Gossip

Covered

"A Day Without Fear", Games Lokal yang Patriotik

Jumat, 10 Oktober 2014

 

Awalnya, saya pikir teaser games yang diunggah di youtube ini hanya sekedar seperti teaser-teaser games yang lainnya.

Namun betapa terkejutnya ketika beberapa detik video di putar, muncul kata "Rooderbrug, Soerabaia - 30 Oktober 1945". Sebuah kata yang merupakan nama lama Jembatan Merah saat era perang Kemerdekaan.

Dan betul, ternyata core gamer berjudul "A Day Withou Fear" ini--sebuah kelas games yang serius yang jika diibaratkan adalah film bioskop ini sangat kental dengan nilai-nilai nasionalisme dan sejarah.

Lihat saja, bagaimana setting Jl. Karet, Surabaya sangat detail dan mohon kroscek temen-temen di Surabaya untuk kemiripannya. Kalau menurut saya pribadi sih sudah sangat mirip.

Belum lagi corat-coret di tembok "Go To Hell NICA", bayangan mobil Jenderal Malaby dibeberapa sudut gambarnya serta perban berdarah yang sekilas menggambarkan warna bendera kita, Merah Putih sangat membangkitkan kenangan sekaligus semangat perjuangan yang semakin memudar.

Saya menduga, kreator games ini memilih aliran games premium AKA "Core Gamer" yang jika dimainkan harus benar-benar meluangkan waktu dan persiapan--bukan casual games yang sekedar pengisi waktu kosong ala Angry Bird atau tontonan sinetron karena dalam games ini terdapat misi untuk membangkitkan nilai-nilai lokal yang heroik sekaligus alternatif dari core gamer lain dari barat yang selama ini "nilai-nilai" mereka yang disipkan dalam aplikasi buatannya.

Namun, seperti halnya konsep aplikasi games lokal lainnya yang layu sebelum berkembang--kali ini aplikator sudah setingkat lebih maju dengan sudah munculnya teaser.

Saya berharap, problem funding yang lazim dalam penyelesaian games lokal sudah tersedia atau adanya sponsor yang berjiwa Merah Putih yang bisa mensupport kelangsungan dan penyelesaian ide dan konsep games ini.

Jangan sampai, dalam bidang politik kita direcoki nilai-nilai Barat--sampai sisi permainan digital pun begitu.

Sekian, tetap patriotik dan GO TO HELL NICA...!

 
Posting Komentar
Don't Miss