Smartphone Membuat Sejarah Dunia Mundur

Oleh:   hazmi SRONDOL hazmi SRONDOL   |   23.49


Sewaktu SD atau SMP, aku ingat guru IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)  ku pernah berkata bahwa, “sejarah suatu bangsa itu terhitung sejak ditemukannya tulisan dari peradaban bangsa itu”.

Menyedihkannya, Indonesia baru dianggap bangsa ber’sejarah’ atau lebih tepatnya beradab hanya pada abad 5 Masehi. Itu saja setelah  ditemukannya prasasti di Kutai. Waktu sebelumnya, bangsa ini masih dianggap primitif. Hadeh!

Rasanya kok paradox sekali dengan penemuan manusia Homo eructus (jika dianggap manusia) di Sangiran dan Ngandong sebagai manusia purba yang menurut tesis pakdhe Swisher (1996) hidup pada zaman Homo sapiens yang dianggap manusia modern. Sedangkan untuk hubungan Homo eructus dengan Maho (manusia homo) di jaman sekarang saya belum mendapatkan data yang valid dan detil. Mungkin rekan-rekan bisa membantu melakukan penelitiannya lebih lanjut.

Belum lagi, jauh sebelum era masehi—banyak ditemukan tanda-tanda peradaban di bumi pertiwi ini. Paling gampang di cari di google adalah lukisan di gua Sulawesi  tenggara, Papua dan Maluku.  Walau pun penemuan ini masih dibantah sebagai tanda peradaban di Nusantara.

Jujur saja, kalau gambar dan simbol gambar tidak dianggap sebuah ‘sejarah’, saya akan segera menuntut pada penemu sistem pesan elektronik seperti YM, Blackberry Messenger serta aplikasi chat lain seperti Line, Kakao talk hingga facebook yang banyak simbol-simbol gambar di dalamnya. Baik emotikon,  simbol laik diz facebook yang multi arti hingga auto text nya Blackberry sebagai pelopor mundurnya peradaban dan sejarah dunia.

Dan saya akan segera mengklaim Amerika sebagai negara yang paling duluan mundur sejarahnya karena dari sanalah kode gambar emotikan dan jempol laik diz itu muncul. Setuju?

│▒│ /▒/……………….

│▒│/▒/…………………..

│▒ /▒/─┬─ ……………………….

│▒│▒|▒│▒│……………………

│▒┌──┘▒▒▒│…………………..

└┐▒▒▒▒▒▒┌┘…………………..

└┐▒▒▒▒┌…………………..

……

[Hazmi Srondol]

Posting Komentar